Kuburan bir 3.000 tahun ditemukan di Mesir

Sabtu, 04 Januari 2014 - 16:01 WIB
Kuburan bir 3.000 tahun ditemukan di Mesir
Kuburan bir 3.000 tahun ditemukan di Mesir
A A A
Sindonews.com - Para arkeolog menemukan kuburan bir kuno di Kota Luxor, Mesir. Usia kuburan bir itu diyakini lebih dari 3.000 tahun.

Menteri Mesir untuk urusan barang antik, Mohammed Ibrahim, mengatakan, kuburan bir kuno tu ditemukan arkeolog Jepang. Kuburan bir kuno berusia ribuan tahun itu milik Khonso Em Ibr. ”Ini salah satu penemuan paling penting di Kota Luxor,” kata Ibrahim.

Kuburan itu merupakan peninggalan era Raja Ramses. ”Milik pembuat bir untuk dewa,” ujarnya. Dalam kuburan kuno itu, ditemukan sejumlah prasasti dinding, berupa gambar yang mencerminkan kehidupan sehari-hari, termasuk ritual keagamaan.

“Para arkeolog juga menemukan situs kuburan kuno lain milik seorang pejabat tinggi di pemerintahan Raja Amenhotep III dari dinasti ke-18,” kata Jiro Kondo, kepala tim arkeolog Jepang dari Universitas Waseda, seperti dikutip news.com.au, Sabtu (4/1/2013).

Kini,kuburan kuno itu dijaga ketat sampai proses penggalian rampung. Pihak Pemerintah Mesir mengatakan, Luxor, yang merupakan sebuah kota berpenduduk sekitar 500.000 jiwa di tepi Sungai Nil, diketahui terdapat banyak situs kuno, termasuk makam penguasa Firaun.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6417 seconds (0.1#10.140)