Israel ngotot akan caplok wilayah Palestina

Kamis, 02 Januari 2014 - 18:44 WIB
Israel ngotot akan caplok wilayah Palestina
Israel ngotot akan caplok wilayah Palestina
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Israel tidak main-main dengan ambisinya untuk mencaplok kawasan permukiman Lembah Yordan yang sejatinya merupakan wilayah Palestina.

Niat itu kian gencar menjelang kedatangan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, yang akan menjadi mediator perundingan damai antara Palestina dan Israel.

Menteri Dalam Negeri Israel, Gideon Saar, di Gittith, pada Kamis (2/1/2014), mengatakan, bahwa kawasan pemukiman Yahudi di Lembah Yordan adalah wilayah strategis dari Tepi Barat ke sepanjang perbatasan Yordania.

”Daerah itu tidak boleh dilepaskan ke Palestina, tapi harus jadi perbatasan timur Israel selamanya,” kata Saar, seperti dikutip Fox News.

Sebelumnya, sejumlah menteri Israel telah menyusun Rancangan Undang Undang (RUU) sebagai siasat untuk mencaplok wilayah Palestina itu. Namun, tidak semua menteri Israel mendukung. Beberapa di antaranya menolak, bahkan mengecam.

Dalam menjalankan niatnya untuk mencaplok Lembah Yordan, Israel bertekad mempertahankan keberadaan tentaranya di daerah itu, sampai perundingan damai dengan Palestina mencapai kesepakatan.

Negosiator Palestina, Saeb Erekat pernah mengutuk rencana licik Israel itu. “Itu menunjukkan ketidakpedulian Israel terhadap hukum internasional dan melemahkan upaya perdamaian yang disponsori AS,” ujar Erekat, beberapa hari lalu kepada kantor berita Ma’an
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6711 seconds (0.1#10.140)