Menteri Jepang kunjungi Kuil Yasukuni

Rabu, 01 Januari 2014 - 19:24 WIB
Menteri Jepang kunjungi Kuil Yasukuni
Menteri Jepang kunjungi Kuil Yasukuni
A A A
Sindonews.com – Menteri Dalam Negeri Jepang, Yoshitaka Shindo, pada Rabu (1/1/2014) mengunjungi Kuil Yasukuni. Kunjungan ini diprediksi akan menuai kecaman, setelah sebelumnya PM Jepang Shinzo Abe mengunjungi kuil itu pada 26 Desember lalu.

Seperti dilaporkan Kyodo News, hari pertama di tahun 2014 ini digunakan Shindo untuk menghormati para pahlawan perang Jepang di Perang Dunia II, termasuk 14 penjahat perang kelas A. Shindo juga tercatat mengunjungi kuil ini pada musim gugur dan semi lalu.

Keberadaan kuil ini telah menuai kecaman dari sejumlah negara, terutama negara yang menjadi korban agresi Jepang di Perang Dunia II. China dan Korea Selatan menjadi negara yang paling keras memprotes setiap kunjungan pejabat Jepang ke kuil ini.

Kunjunngan rutin para menteri dan anggota parlemen Jepang ini telah menjadi kendala utama bagi Jepang untuk memperbaiki hubungan yang sudah tegang dengan China dan Korea Selatan. China telah mendesak pemimpin Jepang untuk mengakui kesalahan negara itu dan mengambil langkah-langkah konkret untuk menebus kerusakan yang terjadi di masa lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3678 seconds (0.1#10.140)