Australia sudah rayakan Tahun Baru 2014

Selasa, 31 Desember 2013 - 19:17 WIB
Australia sudah rayakan...
Australia sudah rayakan Tahun Baru 2014
A A A
Sindonews.com – Di saat berbagai negara menanti pergantian tahun 2013 ke 2014, termasuk Indonesia, Australia saat ini sudah merayakan pergantian tahun itu. Kembang api sudah menyala meriah di langit Sydney.

“Selamat tinggal 2013,” bunyi tulisan yang terpancar dari nyala kembang api di Kota Sydney, seperti dikutip news.com.au, Selasa (31/12/2013). Selain Sydney, pesta tak kalah seru juga berlangsung di Melbourne.
Banyak negara di wilayah timur, yang mengklaim merayakan Tahun Baru 2014 yang pertama. Media Australia mengklaim, Australia memimpin perayataan Tahun Baru 2014. Namun, menurut laman worldtimeszone.com, Samoa menjadi negara pertama yang merayakan Tahun Baru 2014.

Berikut urutan negara dan kota di dunia yang merayakan Tahun Baru 2014, menurut situs yang mengacu pada perbedaan waktu di dunia itu.

1. Samoa (Apia), Kiribati-Christmas Island, Kiritimati.
2. Chatham Islands-New Zealand.
3. Selandia Baru-Wellington, Tokelau, Fiji, Tonga, Antartika-South Pole, McMurdo, Skott stations; Kiribati-Phoenix Islands.
4. Russia-Chukotka, Kamchatka, Russia-Magadan; Nauru, Tuvalu, Marshall Isl., Wallis and Futuna, Kiribati- Tarawa.
5. Norfolk Island (Kingston)-Australia.
6. Australia-Sydney, Melbourne, Canberra, Hobart; Solomon Island, New Caledonia, Micronesia-Pohnpei,
Vanuatu; Rusia-Vladivostok , Khabarovsk, Yuzhno-Sakhalinsk, Yuzhno-Kurilsk, Birobidzhan, Komsomolsk-na-Amure.
7. Australia-Adelaide.
8. Guam; Russia-Chita , Yakutsk, Blagoveschensk, Mirnyi, Tiksi; Australia-Brisbane; Papua New Guinea, Northern Mariana Isl.
9. Australia-Darwin, Alice Springs.
10. Japan- Tokyo, South Korea, North Korea; Rusia-Irkutsk , Bratsk, Ulan-Ude; Palau, Indonesia-Jayapura, Ambon; East Timor.

Di Australia, ribuan orang membentuk lingkaran memeriahkan pesta Tahun Baru 2014. Setidaknya, sekitar tujuh ton kembang api menyala ke langit Sydney membentuk 11 ribu kerang di udara. Selain itu, ada juga 25 ribu nyala kembang api dalam bentuk roket.

Yang menakjubkan, untuk pertama kalinya dalam satu dekade, sekitar 1.000 kembang api juga dinyalakan dari atas Opera House . Ribuan warga Australia sudah berkumpul sejak pukul 21.00 waktu setempat.

Nicola Sutcliffe, misalnya, seorang ibu di Sydney mengaku antre makanan cukup lama sembari menanti pesta kembang api. ”Ini adalah pertama kalinya kami keluar dengan anak untuk merayakan malam tahun baru,” katanya.

Sementara itu, kepolisian setempat melaporkan, tidak ada insiden besar yang terjadi saat pesta Tahun Baru 2014.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0766 seconds (0.1#10.140)