Israel bebaskan 26 tahanan Palestina

Selasa, 31 Desember 2013 - 10:19 WIB
Israel bebaskan 26 tahanan Palestina
Israel bebaskan 26 tahanan Palestina
A A A
Sindonews.com – Israel pada Selasa (31/12/2013), membebaskan 26 tahanan Palestina. Ini adalah gelombang pembebasan ketiga, dari keseluruhan 104 tahanan yang akan dibebaskan.

Di bawah perundingan perdamaian yang ditengahi oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, Israel setuju untuk membebaskan para tahanan Palestina itu dalam empat gelombang. Kelompok tahanan terakhir akan dibebaskan pada Maret 2014.

Seorang pejabat Palestina mengatakan kepada AFP, dua mobil van yang membawa 18 tahanan telah meninggalkan penjara Ofer di Israel dan menuju ke Ramallah, Tepi Barat. Tiga tahanan lainnya dibawa ke Jalur Gaza dan lima orang lainnya diantar ke Yerusalem timur.

Semua tahanan Palestina ini mendekam di penjara Israel sebelum penandatanganan perjanjian Oslo 1993, yang secara resmi meluncurkan proses perdamaian Timur Tengah. Para tahanan ini telah menjalani masa hukuman 19 sampai 28 tahun karena membunuh warga sipil atau tentara Israel.

Delapan belas tahanan Palestina yang tiba di Ramallah disambut hangat oleh Presiden Palestina, Mahmud Abbas di kompleks kepresidenan. Para tahanan juga meletakkan karangan bunga di makam almarhum pemimpin Palestina, Yasser Arafat.

Abbas berjanji pada para tahanan dan keluarganya, bahwa tidak akan ada kesepakatan akhir (dengan Israel), sampai semua tahanan Palestina dibebaskan.

Meski Israel telah membebaskan tahanan Palestina, namun perundingan damai tetap berpotensi mengalami kebuntuan. Sebab, bertepatan dengan pembebasan tahanan itu, Israel mengumumkan akan terus melakukan pembangunan pemukiman baru bagi warga yahudi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6070 seconds (0.1#10.140)