Korsel kecam kunjungan Abe ke Kuil Yasukuni

Selasa, 31 Desember 2013 - 09:56 WIB
Korsel kecam kunjungan Abe ke Kuil Yasukuni
Korsel kecam kunjungan Abe ke Kuil Yasukuni
A A A
Sindonews.com – Kunjungan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe ke kuil Yasukuni masih terus memicu kecaman. Presiden Korea Selatan (Korsel), Park Geun-hye, pada Senin (30/12/2013), mengecam kunjungan itu.

Seperti dilaporkan kantor berita Yonhap, Geun-hye menyebut kunjungan itu tak ubahnya "menggali luka masa lalu". "Pada tahun baru, saya berharap, bahwa tidak akan ada tindakan yang merusak kepercayaan antara negara dan perasaan orang, dengan menggali luka masa lalu," kata Geun-hye.

Meski sang presiden tak menyebut nama negara, namun Yonhap mencatat, komentar itu tampaknya ditujukan pada Jepang. Sejumlah analis memprediksi, bahwa Geun-hye kemungkinan besar tak mau melakukan tatap muka dengan Abe.

"Presiden telah menjelaskan pada beberapa kesempatan, bahwa dia tidak akan mengadakan pertemuan puncak dengan Abe, kecuali Jepang menghadapi fakta sejarah dan menunjukkan ketulusannya membangun kepercayaan dengan negara tetangga,” ujar Chun Kalim, profesor dari Universitas Hoseo, Korsel.

Banyak negara Asia yang memprotes kunjungan yang dilakukan Abe pekan lalu ke Kuil Yasukuni. Negara-negara Asia yang pernah menjadi korban agresi Jepang di Peran Dunia II menganggap kunjungan itu tak ubahnya membuka luka lama.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5974 seconds (0.1#10.140)