Bom kacaukan Natal di Irak, 37 orang tewas

Kamis, 26 Desember 2013 - 14:40 WIB
Bom kacaukan Natal di Irak, 37 orang tewas
Bom kacaukan Natal di Irak, 37 orang tewas
A A A
Sindonews.com – Serangan bom mobil terjadi di saat umat Kristen di Baghdad, Irak merayakan Natal kemarin. Sedikitnya, 37 orang tewas dalam tiga pemboman saat perayaan Natal berlangsung.

Bom pertama meledak di dekat gereja d kawasan Dora selatan. Dalam insiden itu, sebanyak 26 orang tewas, dan 38 lainnya terluka.

Dua bom lainnya meledak di kawasan pasar, di mana warga komunitas Kristen Athorien tengah merayakan Natal. Sebanyak 11 orang tewas, da 21 lainnya terluka.

Pemimpin Irak yang berbasis di Gereja Katolik Chaldean, Louis Sako, mengatakan, bom mobil yang meledak di dekat gereja terjadi setelah Misa Natal. Namun, dia tidak percaya jika gereja menjadi target pemboman.

Hingga kini belum ada kelompok atau pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan mematikan itu. Jumlah komunitas Kristen di Irak dperkirakan mencapai 600 ribu orang. Menurut pejabat setempat, mereka kerap menjadi target serangan kelompok al-Qaeda dan kelompok militan lain.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Baghdad mengutuk serangan mematikan itu, dalam sebuah pernyataan.”Komunitas Kristen di Irak telah menderita oleh serangan teroris yang tidak masuk akal. Banyak warga Irak tak berdosa menjadi korban. AS membenci semua serangan tersebut dan berkomitmen dengan Pemerintah Irak untuk memerangi terorisme,” bunyi pernyataan itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4665 seconds (0.1#10.140)