Oposisi Bangladesh rancang aksi massa akhir tahun

Kamis, 26 Desember 2013 - 01:06 WIB
Oposisi Bangladesh rancang aksi massa akhir tahun
Oposisi Bangladesh rancang aksi massa akhir tahun
A A A
Sindonews.com – Pemimpin oposisi Bangladesh, Khaleda Zia, meminta warga negara itu untuk menggelar pawai massal ke ibu kota Dhaka. Ini adalah upaya untuk menggagalkan pemilu yang dijadwalkan berlangsung pada Januari mendatang.

Seruan Zia itu telah memicu ketegangan di negara miskin tersebut, di mana lebih dari 100 orang telah tewas dalam bentrokan sejak akhir Oktober lalu, ketika oposisi meluncurkan protes untuk memaksa Perdana Menteri Sheikh Hasina mengundurkan diri sebelum jajak pendapat bulan depan.

Kekerasan berkobar di Dhaka, satu jam setelah pidato Zia. Seorang polisi dilaporkan tewas dan dua polisi terluka, setelah penyerang tak dikenal melemparkan bom bensin ke sebuah van yang membawa seorang perwira polisi.

"Saya mendorong semua warga untuk berbaris ke Dhaka pada 29 Desember. Pawai ini adalah untuk mengatakan 'tidak' pada pemilu. Sebuah hal yang lucu dan mengatakan 'ya' untuk demokrasi," tegas Zia, seperti dikutip dari AFP, Rabu (25/12/2013).

"Di manapun Anda berada, membawa bendera nasional merah dan hijau dan berbaris ke Dhaka. Kami menyebutnya pawai untuk demokrasi," lanjutnya. Dia juga meminta warga untuk membentuk "komite protes" di setiap desa untuk menggagalkan pemilu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5904 seconds (0.1#10.140)