Rouhani ingin Iran mesra dengan AS

Senin, 23 Desember 2013 - 20:30 WIB
Rouhani ingin Iran mesra dengan AS
Rouhani ingin Iran mesra dengan AS
A A A
Sindonews.com – Presiden Iran, Hassan Rouhani, berniat membuat hubungan Iran dengan Amerika Serikat mesra. Keinginan yang sama juga ditujukan kepada negara-negara Barat.

Niat Rouhani itu muncul dalam sebuah editorial sebuah surat kabar Jerman pada Senin (23/12/2013). Rouhani sukses menggantikan Ahmadinejad sebagai Presiden Iran setelah menang pemilu bulan Juni 2013 lalu.

Dalam kampanyenya kala itu, dia berjanji untuk membuat kebijakan yang “akrab” dengan negara-negara Barat, dengan tujuan membebaskan derita warga Teheran atas embargo ekonomi.

”Kami (Iran) ingin membangun kembali dan meningkatkan hubungan kami dengan AS dan negara-negara Eropa, atas dasar saling menghormati,” tulis media Jerman, Sueddeutsche Zeitung, mengutip pernyataan Rouhani.

“Kami berusaha untuk menghindari beban baru pada hubungan antara Iran dan AS, juga untuk menghapus ketegangan yang menjadi warisan selama ini,” lanjut editorial media Jerman itu.

Teheran dan Washington memutuskan hubungan diplomatik,setelah revolusi Iran tahun 1979. Menurut Rouhani, Iran tidak bisa melupakan hal itu.”Tapi, kita sekarang harus berkonsentrasi pada masa sekarang dan mengorientasikan diri menuju masa depan.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2396 seconds (0.1#10.140)
pixels