Dituduh jual pesawat, Menteri Uruguay mundur

Minggu, 22 Desember 2013 - 04:17 WIB
Dituduh jual pesawat, Menteri Uruguay mundur
Dituduh jual pesawat, Menteri Uruguay mundur
A A A
Sindonews.com - Fernando Lorenzo, Menteri Perekonomian Uruguay, mengundurkan diri pada Sabtu (21/12/2013), setelah terseret skandal penjualan pesawat. Dia dituduh mengambil bagian dalam proyek penjualan pesawat secara tidak sah.

Presiden Uruguay, Jose Mujica mengatakan, dia berupaya mempertahankan menterinya itu. Menurutnya, menterinya itu seorang ekonom yang jenius. ”Dia sudah-sudah menteri brilian,” kata Mujica kepada wartawan, seperti dikutip Reuters, Minggu (22/21/2013).

“Kami akan menghormati keputusan pengadilan, sebagai masyarakat yang taat hukum,” ujar Mujica. Sebuah sumber di kementerian ekonomi mengatakan, Mujica tidak mengizinkanLorenzo untuk mengundurkan diri .


Lorenzo yang dihormati para investor, tetapi menuai kritik dan kecaman, setelah pemerintah menjual tujuh pesawat milik TAM Airlines. Maskapai itu diambil alih negara, setelah bangkrut dan tutup pada tahun lalu.

Negara belum menerima apa pun dari rencana pembelian pesawat pada bulan Oktober 2012 oleh pengusaha Hernan Calvo. Pengusaha itu menggunakan nama yang berbeda saat menawar harga pesawat tersebut.

Kantor Jaksa Agung Urugay, menetapkan Lorenzo sebagai tersangka dalam kasus itu. Dia menggunakan posisinya sebagai menteri untuk mempercepat kesepakatan penjualan pesawat itu. Jaksa Agung memerintahkan kasus itu dibawa ke pengadilan.

Menteri Dalam Negeri, Eduardo Bonomi untuk sementara akan menggantikan posisi Lorenzo sebagai menteri keuangan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6620 seconds (0.1#10.140)