Iran bebaskan 2 mata-mata Slovakia

Jum'at, 13 Desember 2013 - 16:12 WIB
Iran bebaskan 2 mata-mata Slovakia
Iran bebaskan 2 mata-mata Slovakia
A A A
Sindonews.com - Dua warga Slovakia yang ditahan di Iran atas tuduhan sebagai mata-mata telah dibebaskan pada Jumat (13/12/2013). Keduanya dibebaskan, setelah Perdana Menteri Slovakia, Robert Fico melakukan pembicaraan di Teheran kemarin.

Kedua pasangan mata-mata itu, adalah bagian dari delapan warga Slovakia yang ditangkap di Iran pada bulan Mei 2013. Mereka ditangkap, karena dicurigai mengambil foto dari daerah terlarang. Enam orang lainnya, telah dibebaskan pada bulan September 2013 lalu.

Perdana Menteri Robert Fico bertemu dengan para pejabat Iran di Tehran, kemarin untuk membahas pembebasan dua warganya. Pemerintah Slovakia melalui situs resminya pada Jumat pagi mengkonfirmasi pembebasan dua warganya itu.

”Saya yakin, (warga Slovakia) tidak terlibat, jika kita tidak mengejar solusi politik yang maksimal, serta upaya diplomatik intelijen, tentunya mereka tidak akan bebas hari ini,” ujar Ficokepada media Slovakia, seperti dikutip Reuters .

Sejumlah warga Slovakia itu ditangkap, di sebuah kota di Isfahan, di mana ada sebuah fasilitas uraniumIran di kawasan itu. Iran meyakini, mereka adalah mata-mata asing.

Namun, Presiden Iran Hassan Rouhani yang dikenal moderat mengabulkan permintaan Perdana Menteri Fico untuk membebaskan sejumlah warga Slowakia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7606 seconds (0.1#10.140)