RI dukung solusi damai pemusnahan bom kimia Suriah

Selasa, 10 Desember 2013 - 12:44 WIB
RI dukung solusi damai pemusnahan bom kimia Suriah
RI dukung solusi damai pemusnahan bom kimia Suriah
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Indonesia mendukung penuh atas diadopsinya solusi damai untuk menghancurkan bom dan senjata kimia lainnya di Suriah. Indonesia juga mengapresiasi kinerja organisasi pelarangan senjata kimia (OPCW) dalam menjalankan misi beratnya di Suriah.

Dukungan dan apresiasi Indonesia itu, disampaikan delegasi Indonesia yang dipimpin Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Den Haag, Witjaksono Adji, pada Sidang ke-18 Konferensi Negara-Negara Pihak pada Konvensi Senjata Kimia (KSK), di Den Haag, pekan lalu.

Dalam pernyataannya, KUAI RI, Witjaksono Adji, mengapresiasi penghargaan Nobel Perdamaian 2013 yang diberikan kepada OPCW pada hari ini (10/12/2013) di Oslo. Mengutip pemberitaan di situs Kemlu RI, Selasa (10/12/2013), penganugerahan tersebut merupakan catatan bersejarah bagi semua negara atas peran penting KSK dalam meningkatkan perdamaian dan keamanan dunia.

Berkaitan dengan universalisasi KSK di kawasan Asia Tenggara, Indonesia menyambut baik pendekatan konstruktif dan perkembangan positif yang telah dilakukan Myanmar dalam proses untuk menjadi negara pihak KSK. ”Indonesia bersedia untuk memberikan dukungan dan bantuan bagi Myanmar,” kata Witjaksono.

Dia juga mengusulkan, bahwa kerjasama antara ASEAN dan OPCW perlu dikembangkan dalam rangka meningkatkan pencapaian tujuan KSK.

KUAI RI menambahkan, Indonesia siap untuk bekerjasama dengan negara anggota ASEAN dan Sekretariat Teknis OPCW guna mempertimbangkan kerjasama di bidang keselamatan dan keamanan kimia di kawasan Asia Tenggara.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5919 seconds (0.1#10.140)