10 paus mati terdampar di Florida, puluhan terancam

Kamis, 05 Desember 2013 - 09:21 WIB
10 paus mati terdampar di Florida, puluhan terancam
10 paus mati terdampar di Florida, puluhan terancam
A A A
Sindonews.com – Sedikitnya 10 ekor paus mati setelah terdampar di dekat pantai Everglades, Florida, Amerika Serikat. Sementara itu, petugas tengah berupaya menyelamatkan puluhan ekor paus lainnya.

Pihak National Oceanic and Atmospheric Administration, atau NOAA, mengatakan tim penyelamat berusaha mengarahkan 41 ekor paus agar bisa berenang ke perairan yang lebih dalam.

Juru bicara NOAA, Linda Friar, seperti dikutip Reuters, Kamis (5/12/2013), mengatakan, kelompok paus yang terdampar terlihat pertama kali pada Selasa sore lalu. Kelompok paus itu berjenis paus pilot bersirip pendek, yang biasanya ditemukan di perairan dalam wilayah tropis dan subtropics.

Menurut pihak NOAA, ahli biologi tengah menyelidiki dari paus-paus yang mati, mengapa bisa sampai terdampar di perairan dangkal. ”Ketika diselamatkan, mereka cenderung melakukan perlawanan,” kata Fiar. ”Daerah ini mungkin yang paling menantang bagi kawanan paus.”

Paus pilot bersirip pendek biasanya melakukan perjalanan secara berkelompok yang terdiri dari 25 sampai 30 ekor. Untuk seekor paus dewasa beratnya bisa mencapai 2.200 kg. Panjangnya, untuk paus betina sekitar 3,7 meter, sedangkan paus jantan bisa mencapai 5,5 meter.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5730 seconds (0.1#10.140)