Hizbullah: Saudi dalang ledakan di kompleks kedubes Iran

Rabu, 04 Desember 2013 - 11:33 WIB
Hizbullah: Saudi dalang...
Hizbullah: Saudi dalang ledakan di kompleks kedubes Iran
A A A
Sindonews.com – Pemimpin kelompok Hizbullah Libanon, Hassan Nasrallah, mengatakan Arab Saudi berada di balik pemboman di luar Kedutaan Besar Iran di Beirut, Libanon bulan lalu.

Menurut Nasrallah, serangan itu terkait dengan badan intelijen Saudi. Nasrallah mengatakan pemimpin Brigade Jihad Sunni, Abdullah Azzam, yang terkait dengan jaringan al-Qaeda, memiliki pengaruh terhadap emir Saudi. ”Kelompok itu terkait dengan badan intelijen Saudi,” kata Nasrallah, seperti dikutip Reuters, Kamis (4/12/2013).

Nasrallah menuding, ledakan di kompleks Kedutaan Besar Iran di Beirut, terkait dengan kemarahan Arab Saudi terhadap Iran atas kegagalannya di Suriah. Arab Saudi, yang mengutuk pemboman bulan lalu itu, sejauh ini tidak berkomentar atas tuduhan Hassan Nasrallah.

Di antara mereka yang tewas dalam ledakan di Beirut pada 19 November 2013 adalah atase kebudayaan Iran, Sheikh Ibahim Ansari. Lebih dari 140 orang terluka dalam insiden itu.

Sebelumnya, Pemimpin Brigade Jihad Sunni, Abdullah Azzam menggambarkan serangan itu sebagai “operasi syahid ganda yang dilakukan oleh dua pahlawan dari Sunni Libanon". Pemboman itu dikutuk oleh Dewan Keamanan PBB, dan Amerika Serikat yang menyebut sebagai tindakan tidak masuk akal dan tercela.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)