Polisi Kanada tangkap mata-mata China

Senin, 02 Desember 2013 - 10:42 WIB
Polisi Kanada tangkap mata-mata China
Polisi Kanada tangkap mata-mata China
A A A
Sindonews.com - Polisi Kanada menangkap seorang pria Toronto yang dituduh sebagai mata-mata yang bekerja untuk China. Pria yang dituduh mata-mata itu dianggap telah memberikan informasi keunggulan militer Kanada kepada Beijing.

Pejabat kemanan Kanada, seperti dilansir Reuters, Senin (2/12/2013), mengatakan, penangkapan pria yang dituduh sebagai mata-mata China itu dilakukan pada Kamis pekan lalu. Pria yang dituduh sebaga mata-mata China itu bernama Qing Quentin Huang, 53.

Jennifer Strachan, Kepala Penyelidik Kepolisian Kanada, mengatakan, Huang mengetahui soal informasi spesifikasi kapal yang bertaggung jawab atas perairan dan kedaulatan Kanada.

”Dalam jenis kasus, (Huang) berbagi informasi soal militer atau keunggulannya. Dia mengetahui spesifikasi kapal yang bertanggung jawab untuk membela kedaulatan Kanada,” ujarnya.

Huang telah dibawa ke pengadilan Kanada, kemarin. Jennifer Strachan mengatakan, tersangka dituntut atas tuduhan berkomunikasi dengan entitas asing di bawah Undang-Undang Keamanan Informasi.

Dalam aksinya, Huang bertindak sendirian, termasuk dalam memberikan informasi kepada Pemerintah China. Stephen Lecce, juru bicara Perdana Menteri Kanada Stephen Harper, memuji tindakan polisi. Polisi Kanada mengklaim telah menghubungi pihak Pemerintah China terkait kasus ini.

Tersangka akan dibawa ke pengadilan kembali pada Rabun nanti. Dia terancam hukuman maksimal penjara seumur hidup, jika terbukti bersalah.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6743 seconds (0.1#10.140)