11 ribu pekerja Sudan meninggalkan Arab Saudi

Minggu, 01 Desember 2013 - 13:00 WIB
11 ribu pekerja Sudan...
11 ribu pekerja Sudan meninggalkan Arab Saudi
A A A
Sindonews.com - Lebih dari 11 ribu warga Sudan yang mencari kerja di Arab Saudi kembali ke tanah air mereka dengan suka rela, setelah pemerintah Arab Saudi memberikan amnesti dan melegalkan status mereka. Demikian diungkan SUNA, kantor berita Sudan mengutip ungkapan Wakil Kepala Kedutaan Sudan di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (30/11/2013).

"Jumlah warga Sudan yang telah secara sukarela meninggalkan Arab Saudi jumlahnya telah mencapai 11.678 orang. Keputusan itu datang setelah pemerintah Arab Saudi menetapkan bahwa pemberian amnesti bagi para warga asing yang bekerja di Arab Saudi berakhir pada tanggal 4 November lalu," ungkap Khalid Fath al - Rahman, Wakil Kepala Kedutaan Sudan di Riyadh.

Sementara itu, menurut pengumuman yang disampaikan Menteri Dalam Negeri Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Nayef, sampai tanggal 19 November lalu, kerajaan telah mendeportasi lebih dari 60.000 pekerja asing ilegal sejak amnesti berakhir.

Tercatat, sebanyak 1 juta migran memutuskan untuk mengambil keuntungan dari amnesti tersebut dengan memutuskan meninggalkan Arab Saudi dengan sukarela. Sejak pemerintah Arab Saudi memberikan amnesti tercatat lebih dari 4 juta pekerja asing di Arab Saudi berhasil mendapatkan sponsor, sebagai syarat hukum agar dapat tetap tinggal disana.

Bentrok antara polisi Arab Saudi dengan para migran ilegal Sudan sempat pecah di pemukiman Manfuhhah pada 13 November lalu, setelah proses amnesti berakhir. Polisi setempat mengatakan, seorang warga Sudan tewas dalam bentrok tersebut.

Menurut data Departemen Ketenagakerjaan Sudan, Arab Saudi merupakan negara yang menjadi tujuan utama bagi warga Sudan untuk bekerja di luar negeri. Tahun lalu, sebanyak 94 ribu warga Sudan mencari kerja di luar negeri.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7830 seconds (0.1#10.140)