Putra bos kartel narkoba Meksiko dibekuk di AS

Sabtu, 23 November 2013 - 09:40 WIB
Putra bos kartel narkoba Meksiko dibekuk di AS
Putra bos kartel narkoba Meksiko dibekuk di AS
A A A
Sindonews.com – Serafin Zambada –Ortiz, 23, putra seorang pemimpin kartel narkoba Sinaloa Meksiko, telah ditangkap di Amerika Serikat. Demikian keterangan Kejaksaan AS kemarin waktu AS atau semalam WIB.

Kantor Jaksa AS untuk California selatan mengatakan, Zambada – Ortiz, ditangkap Rabu lalu saat ia mencoba masuk ke AS melalui perbatasan Arizona. “Ia telah dibawa ke pengadilan Kamis,” kata juru bicara kantor Jaksa AS, Kelly Thornton, seperti dikutip Washington Times, Sabtu (23/11/2013).

Zambada - Ortiz adalah putra pemimpin kartel Sinaloa, Ismael Zambada – Garcia alias Mayo. Mayo didakwa pada bulan September 2013 dengan tuduhan mengorganisir perdagangan narkoba dalam skala besar.

Zambada –Ortiz, lahir di San Diego dan menjadi warga AS. Kejaksaan untuk California selatan akan meminta Zambada-Ortiz dibawa dari Arizona ke San Diego.

Pemimpin utama kartel Sinaloa, Joaquin " El Chapo " Guzman, telah melarikan diri dari penjara Meksiko pada tahun 2001. Dia sekarang pemimpin kartel narkoba yang paling dicari aparat keamanan AS. Forbes, bahkan menyebut El Chapo sebagai tokoh kriminal terkuat di dunia saat ini.

Lebih dari 77 ribu orang tewas di Meksiko sehubungan dengan kejahatan kartel secara terorganisir sejak mantan presiden Felipe Calderon melancarkan perang nasional melawan kartel narkoba tahun 2006 silam.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6026 seconds (0.1#10.140)