Hubungan dengan AS melemah, Israel cari sekutu lain

Kamis, 21 November 2013 - 14:11 WIB
Hubungan dengan AS melemah,...
Hubungan dengan AS melemah, Israel cari sekutu lain
A A A
Sindonews.com - Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman, mengatakan bahwa Israel butuh sekutu lain selain Amerika Serikat (AS). Komentar itu muncul, setelah AS semakin gencar berdiplomasi dengan Iran terkait program nuklir Teheran.

Lieberman merupakan menteri kontroversial. Dia awal bulan ini kembali menjabat Menteri Luar Negeri Israel setelah terbebas dari tuduhan korupsi.

”Hubungan antara Israel dan mitra strategis utama Amerika Serikat telah melemah," kata Lieberman kemarin, seperti dikutip AFP, Kamis (21/11/2013). “Anda dapat memahami bahwa Amerika telah mendapat tantangan, seperti Korea Utara, Afghanistan, Pakistan, Iran, Irak , dan mereka punya masalah ekonomi dalam negeri mereka sendiri.”

”Kita perlu berhenti menuntut, mengeluh, mengerang dan malah mencari negara-negara yang tidak tergantung pada uang dari negara-negara Arab atau Islam dan yang ingin bekerja sama dengan kami dalam bidang inovasi,” lanjut Lieberman.

Lieberman tidak merinci seperti apa sekutu yang diinginkan Israel. Tapi, dia menegaskan, bahwa negaranya tidak ragu-ragu untuk menentang Washington, ketika negara pimpinan Barack Obama itu membuat kebijakan untuk melawan kepentingan Israel.

Pemerintah Israel telah memobilisasi semua kekuatan diplomasi dengan Kongres AS dalam beberapa pekan terakhir. Menurut Lieberman, diplomasi AS dan Iran soal program nuklir Teheran akan merusak kepentingan Israel.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9549 seconds (0.1#10.140)