Perang 3 hari, tentara Suriah rebut kota selatan Damaskus

Rabu, 13 November 2013 - 16:45 WIB
Perang 3 hari, tentara Suriah rebut kota selatan Damaskus
Perang 3 hari, tentara Suriah rebut kota selatan Damaskus
A A A
Sindonews.com - Tentara Suriah telah merebut sebuah kota di selatan Damaskus dari tangan pemberontak. Keberhasilan tentara loyalis Presiden Bashar al-Assad itu dilewati dengan pertempuran sengit selama tiga hari dengan pasukan pemberonyak.

”Militer (Suriah) telah menguasai Kota Hujeira,” bunyi siaran televisi Pemerintah Suriah, pada Rabu (13/11/2013).

Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, militer Suriah selama berbulan-bulan terus menekan posisi pemberontak di distrik selatan Damaskus.

”Kota ini benar-benar di bawah kendali tentara setelah tiga hari pertempuran. Ini telah memperketat jerat pada kelompok teroris bersenjata,” kata seorang pejabat senior rezim Suriah.

”Ini memberikan dimensi baru untuk mengamankan pintu masuk selatan Damaskus dan memotong jalur pasokan untuk menekan kelompok teroris di selatan Damaskus,” lanjut dia.

Rezim Pemerintah Bashar al-Assad, kerap menggunakan istilah “teroris” untuk menyebut lawan-lawannya. Sebutan itu muncul, ketika demonstrasi damai pada Maret 2011 berubah menjadi gerakan bersenjata yang sampai saat ini belum berhenti.

Observatorium yang berbasis di Inggris itu memperkirakan, korban tewas akibat konflik di Suriah telah mencapai lebih dari 120 ribu jiwa. Sedagkan jutaan orang telah mengungsi dan ribuan lainnya terjebak perang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5052 seconds (0.1#10.140)