Berebut bantuan, 8 orang Filipina tewas tertimpa gedung

Rabu, 13 November 2013 - 15:17 WIB
Berebut bantuan, 8 orang Filipina tewas tertimpa gedung
Berebut bantuan, 8 orang Filipina tewas tertimpa gedung
A A A
Sindonews.com – Para korban terjangan topan Haiyan, berebut bantuan makanan di sebuah Gudang Makanan Nasional (NFA) di Kota Alangalang, Leyte, Filipina, Rabu (13/11/2013). Namun, gedung itu roboh dan menewaskan delapan orang.

Kepala Humas NFA, Rex Estoperez kepada Radyo Inquirer 990AM, mengatakan, bahwa delapan orang yang tewas merupakan bagian dari banyak orang yang menyerbu gudang makanan. Mereka berebut beras untuk menghidupi keluarga mereka yang mulai kelaparan.

”Gudang kami didobrak dan semua 33.000 karung beras diambil,” kata Esoperez. Menurutnya, gudang mereka di Alangalang seharusnya yang paling aman.

Penyebab gedung itu roboh, karena diserbu banyaknya orang yang berebut bantuan. Estoperez tidak menyalahkan orang-orang, tetapi sebelumnya sudah ada perintah untuk mengamankan semua gudang NFA, dan memastikan distribusi bantuan makanan berjalan tertib.

”Pasti ada begitu banyak orang yang membawa karung beras,” ujarnya, merinci masing-masing orang rata-rata membawa 50 kilogram beras. ”Staf kami berada di sana, tetapi mereka tidak bisa berbuat apa-apa, karena ada risiko soal keselamatan mereka.”

Korban terjangan topan Haiyan versi Pemerintah Filipina sekitar 2.000-an orang. Namun, PBB menduga korban yang tewas mencapai 10 ribu yang bersumber dari para pejabat daerah. Beberapa bantuan mulai datang ke Filipina, salah satunya dari Indonesia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5633 seconds (0.1#10.140)