Gerilyawan komunis serang konvoi bantuan topan di Filipina

Selasa, 12 November 2013 - 23:34 WIB
Gerilyawan komunis serang...
Gerilyawan komunis serang konvoi bantuan topan di Filipina
A A A
Sindonews.com – Tentara Filipina membunuh dua gerilyawan bersenjata yang menyerang sebuah konvoi bantuan, Selasa (12/11/2013). Konvoi itu tengah dalam perjalanan menuju Kota Tacloban, wilayah yang luluh lantak akibat terjangan topan Haiyan.

Seperti dilaporkan AFP, Pemerintah Filipina memang mengerahkan tentara untuk memadamkan penjarahan yang terjadi usai hantaman topan. “Sekitar 15 pemberontak komunis menyerang truk bantuan yang tengah dalam perjalanan ke wilayah yang dihantam badai,” kata Letnan Kolonel Joselito Kakilala, seorang komandan lokal militer Filipina.

"Tidak ada korban di pihak pemerintah," lanjutnya. Kakilala menambahkan, bahwa dua anggota Tentara Rakyat Baru, sayap militan dari Partai Komunis Filipina, dilaporkan tewas. Sementara sejumlah gerilyawan lainnya luka-luka dalam bentrokan yang terjadi di kota Matnog, sekitar 240 kilometer dari Tacloban.

Di kota itu sendiri, jam malam mulai diberlakukan. Sejumlah kendaraan lapis baja dan pasukan keamanan elit berpatroli di jalan-jalan kota, di mana korban kelaparan telah menyerbu dan mengobrak-abrik toko konvoi bantuan lainnya.

Tacloban, sebuah kota yang berpenduduk 220 ribu jiwa, telah menjadi ajang penjarahan terburuk. Korban melaporkan geng kriminal mencuri barang-barang milik warga, termasuk televisi, dan mesin cuci dari usaha kecil.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7470 seconds (0.1#10.140)