Iran & IAEA capai kesepakatan tentang road map kerjasama

Selasa, 12 November 2013 - 02:35 WIB
Iran & IAEA capai kesepakatan tentang road map kerjasama
Iran & IAEA capai kesepakatan tentang road map kerjasama
A A A
Sindonews.com – Iran dan Badan Pengawas Nuklir PBB (IAEA), pada Senin (11/11/2013), menyetujui road map kerjasama tentang program nuklir Iran. Terobosan ini terjadi selama kunjungan Kepala IAEA, Yukiya Amano, ke Teheran.

"Pernyataan bersama yang ditandatangani hari ini adalah rincian road map untuk kerja sama yang menentukan langkah-langkah bersama untuk menyelesaikan masalah yang tersisa," kata Kepala Nuklir Iran, Ali Akbar Salehi, seperti dikutip dari kantor berita ISNA.

Salehi mengungkapkan hal ini pada konferensi pers bersama dengan Amano di Teheran. Konferensi pers ini tertutup bagi media Barat. Dalam kesempatan ini Amano memuji kesepakatan itu sebagai "langkah penting". “Tetapi, banyak yang harus dilakukan,” lanjutnya.

Kunjungan Amano ke Teheran ini bertujuan untuk memecahkan masalah teknis terkait dengan peran IAEA dalam memantau kegiatan nuklir Iran.

Sementara pembahasan yang lebih luas tentang bagaimana untuk memastikan program nuklir Iran tidak digunakan untuk menutupi kegiatan pembuatan bom atom, telah dibahas dalam putaran perundingan antara Iran dan P5 +1 di Jenewa.

Dalam perundingan yang berlangsung selama tiga hari dan berakhir pada Senin itu, tidak dicapai kesepakatan. Namun, kesepakatan road map kerjasama dengan IAEA ini tetap dianggap momentum yang bagus.

"Saya pikir itu adalah langkah pertama yang baik untuk membangun kepercayaan diri," jelas Kelsey Davenport, analis di Control Association Arms. Menurutnya, ini adalah "kesepakatan terbatas" yang dijalin Iran dengan IAEA.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7499 seconds (0.1#10.140)