MSF kirim obat-obatan ke Filipina via 2 pesawat kargo

Senin, 11 November 2013 - 13:28 WIB
MSF kirim obat-obatan...
MSF kirim obat-obatan ke Filipina via 2 pesawat kargo
A A A
Sindonews.com – Tim tanggap darurat dari Médecins Sans Frontières (MSF) atau Dokter Lintas Batas, mengirim bantuan obat-obatan untuk para korban topan Haiyan di Filipina. Bantuan yang dikirim dengan menggunakan dua pesawat kargo itu telah tiba di Cebu, Sabtu (9/11/2013) pekan lalu

Tim itu belum dapat mengkaji kebutuhan menyeluruh untuk para korban mengingat medan sulit di akses, terutama di Kota Tacloban. ”Akses untuk mencapai wilayah-wilayah yang terdampak sangat sulit. Bandar udara Tacloban rusak, banyak jalan tertutup dan sambungan telepon nyaris tidak memungkinkan,” bunyi pernyataan MSF, dalam rilisnya kepada sindonews.com, Senin (11/11/2013).

Kondisi medan yang serba sulit itu, menghambat pengkajian kebutuhan dan pengiriman bantuan kemanusiaan, meski bantuan sudah sampai di Cebu, Filipina.

MSF menambahkan, mereka memperkuat tim dengan tambahan 30 personel. Termasuk personel medis, logsitik, dan psikolog, yang tiba beberapa hari ke depan. “MSF juga mengirim 200 ton barang medis dan bantuan yang akan tiba di Cebu dalam tiga hari ke depan,” lanjut pernyataan MSF.

Menurut MSF, sebuah pesawat kargo dari tim tambahan itu berangkat dari Dubai hari ini. Sementara pesawat kedua berangkat dari Ostende hari Selasa besok. Beberapa bantuan yang diangkut pesawat kargo mencakup perlengkapan medis, konsultan, vaksin dan beberapa bantuan lain seperti tenda.

Topan Haiyan yang menghantam sejumlah wilayah di Filipina, terutama Kota Tacloban, telah menewaskan sekitar 10 ribu jiwa. Kondisi bangunan di kota itu hancur, dan sebagian besar rata dengan tanah. Pemandangan di sana, tragis. Di mana, banyak mayat berserakan di berbagai ruas jalan, dan para korban yang selamat mulai dilanda kepalaran.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0879 seconds (0.1#10.140)