Topan Haiyan dekati China selatan

Sabtu, 09 November 2013 - 20:40 WIB
Topan Haiyan dekati China selatan
Topan Haiyan dekati China selatan
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Provinsi Hainan, wilayah China selatan memperkirakan wilayah mereka akan diguyur hujan deras pada Sabtu (9/11/2013) malam, sebagai dampak topan Haiyan yang bergerak mendekati wilayah China.

Menurut stasiun meteorologi Provinsi Hainan, topan Haiyan merupakan topan terkuat ke 30 yang melanda wilayah China sepanjang tahun 2013 dan mulai memasuki wilayah China selatan senjak Sabtu pagi. Topan ini bergerak dengan kecepatan 35 kilometer per jam.

"Wilayah timur dan selatan Provinsi Hainan, termasuk Xisha , Zhongsha dan Kepulauan Nansha akan dilanda angin kencang dan badai hujan," lapor stasiun meteorologi Provinsi Hainan.

Belum ada perintah evakuasi di Provinsi Hainan. Namun, pemerintah Provinsi Hainan telah memerintahkan semua perahu nelayan yang sedang berlayar untuk kembali melaut pada Sabtu siang.

Sebelumnya, Pusat Peramalan Kondisi Kelautan Nasional China telah meningkatkan tanda peringatan dari kuning menjadi oranye. Sebab, kedatangan super topan Haiyan akan memicu terbentuknya gelombang pasang. Oranye merupakan warna kedua setelah merah, warna peringatan paling keras.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4864 seconds (0.1#10.140)