Kerry umumkan hibah USD75 juta untuk Palestina

Kamis, 07 November 2013 - 03:20 WIB
Kerry umumkan hibah USD75 juta untuk Palestina
Kerry umumkan hibah USD75 juta untuk Palestina
A A A
Sindonews.com – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry, pada Rabu (6/11/2013), mengumumkan hibah senilai USD 75 juta untuk proyek infrastruktur Palestina. Sebelumnya, AS telah memberi bantuan senilai USD25 juta bagi Palestina.

Kerry mengatakan, bahwa AS akan lebih mendukung usaha kemanusiaan dan budaya Palestina. Kunjungan Kerry kali ini ke Palestina merupakan bagian dari sembilan hari tur diplomatik internasional dan terutama dimaksudkan untuk meninjau perundingan perdamaian antara Israel-Palestina.

“Washington berusaha menjalankan proses perdamaian antara Israel dan Palestina berdasarkan solusi dua-negara,” kata Kerry, seperti dikutip dari Xinhua. Ia juga menyerukan kedua pihak untuk mempercepat negosiasi mereka.

Namun, para pejabat Palestina mengatakan, perundingan damai tidak mengalami kemajuan. Negosiator Palestina menyalahkan Israel karena mengumumkan rencana pembangunan ribuan pemukiman baru di Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

Sementara itu di Jaur Gaza, salah satu faksi terbesar di Palestina, Hamas, juga mengkritik kunjungan Kerry. Hamas menyatakan, bahwa Kerry tidak diinginkan di wilayah Palestina.

"Kerry harus tahu, bahwa negosiasi saat ini tidak mengungkapkan keinginan masyarakat Palestina dan bahwa Mahmoud Abbas adalah tidak sah untuk mengadakan negosiasi atau untuk mencapai hasil apapun," kata Juru Bicara Hamas, Sami Abu Zuhri.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6899 seconds (0.1#10.140)