Kalahkan Obama, Putin pemimpin paling berkuasa di dunia

Kamis, 31 Oktober 2013 - 13:32 WIB
Kalahkan Obama, Putin pemimpin paling berkuasa di dunia
Kalahkan Obama, Putin pemimpin paling berkuasa di dunia
A A A
Sindonews.com – Setelah peran vokalnya dalam menentang agresi militer Amerika Serikat terhadap Suriah, Presiden Rusia, Vladimir Putin dinobatkan sebagai pemimpin paling berkuasa di dunia. Dia mengalahkan posisi Presiden AS, Barack Obama.

Ranking para pemimpin berkuasa di dunia itu dirlis Majalah Forbes, kemarin. Putin, menurut media itu, menduduki posisi Obama sebelumnya, dengan tajuk “pemimpin paling berkuasa di dunia versi Forbes”.

Ini adalah pertama kalinya dalam tiga tahun, posisi Presiden AS telah turun ke tempat kedua. Putin, yang telah menikmati 13 tahun kekuasaan dominan atas Rusia, kembali terpilih sebagai presiden negara itu pada Maret 2012.

Sedangkan Obama jadi sorotan, setelah dianggap tak berdaya menghadapi kekuatan politik di parlemen AS. Di mana, di bawah pimpinannya, AS mengalami shutdown (pemblokiran anggaran) pemerintah selama 16 hari oleh kubu partai Republik.

”Putin telah memperkuat kekuasaannya di Rusia, sementara posisi Obama tampaknya lumpuh, meski menjabat sebagai Presiden AS dua periode, karena masalah seperti shutdown,” tulis Forbes.

Contoh lain dominasi Putin, adalah ketika dia berani melawan AS, dengan memberikan suaka pada buronan intelijen AS, Edward Snowden. Sebulan kemudian, Putin memainkan kartu truf lagi dengan mencegah ancaman agresi militer AS terhadap Damaskus yang dituduh melakukan serangan senjata kimia.

”Siapapun yang menonton pertandingan catur tahun ini atas Suriah, dan kebocoran dokumen NSA, memiliki gagasan yang jelas tentang dinamika pergeseran kekuasaan individu,” lanjut laporan Forbes, mengacu pada Putin dan Obama.

Media itu, pada 2013 ini merilis 72 pemimpin paling berpengaruh di dunia. Di tempat ketiga, setelah Putin dan Obama, Forbes memilih Presiden China, Xi Jinping. Dia diperkirakan akan memerintah selama satu dekade, di mana China akan mengalahkan AS sebagai perekonomian terbesar di dunia.

Paus Francis (Pope), menempati urutan keempat dan Kanselir Jerman, Angela Merkel melengkapi posisi lima besar.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4811 seconds (0.1#10.140)