Video ungkap sandera di Filipina dibantai

Selasa, 29 Oktober 2013 - 17:30 WIB
Video ungkap sandera...
Video ungkap sandera di Filipina dibantai
A A A
Sindonews.com – Sebuah video amatir mengungkap, para sandera dari warga sipil dibantai dengan cara ditembaki. Video itu diduga, direkam saat terjadi pengepungan di Zamboanga, bulan lalu.

Belum ada kejelasan, pembantai para sandera tersebut dari kelompok pemberontak Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF) atau dari pihak militer. Presiden Filipina, Benigno Aquino, mempertanyakan keaslian video amatir itu.

Kelompok-kelompok pejuang HAM telah menyerukan dilakukannya penyelidikan terhadap video pembantaian para sandera tersebut. Menurut militer Filipina, para sandera itu terjebak dalam baku tembak dengan tentara yang melawan pemberontak.

Juru bicara militer Filipina, Letnan Kolonel Ramon Zagala, kepada al-Jazeera, Selasa (29/10/2013), mengatakan keamanan sipil adalah prioritas utama mereka.

”Selama video ini kita tidak pernah menembaki mereka, kami telah menembak dengan target sniper musuh. Mereka (pemberontak MNLF) itu yang menembaki para sandera,” kata Zagala. ”Jika Anda melihat video itu, Anda dapat melihat bazoka ditujukan pada sandera.”

“Kami diarahkan oleh presiden untuk menyelamatkan para sandera dan menetralisir ancaman. Kami mampu menyelamatkan 195 sandera. Sayangnya 12 tewas,” imbuh Zagala.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1150 seconds (0.1#10.140)