Rezim Cristina keok dalam pemilu Argentina

Senin, 28 Oktober 2013 - 09:26 WIB
Rezim Cristina keok dalam pemilu Argentina
Rezim Cristina keok dalam pemilu Argentina
A A A
Sindonews.com - Presiden Argentina, Cristina Fernandez, mengalami kerugian besar setelah partainya yang berkuasa saat ini, dikalahkan partai oposisi dalam pemilu parlemen kemarin. Dengan demikian, harapan untuk Cristina menjadi Presiden Argentina untuk ketiga kalinya kandas.

Pemilu presiden Argentina sendiri akan digelar pada 2015. Menurut Menteri Dalam Negeri Argentina, Florencio Randazzo, partai oposisi pimpinan Sergio Massa menang di provinsi utama, yakni Buenos Aires.

Massa, yang saat ini menjabat Walikota Tigre, Buenos Aires, digadang-gadang menjadi calon presiden untuk 2015. ”Besok, kita mulai dengan peta politik baru,” kata Walikota Buenos Aries, Mauricio Macri, kandidat calon presiden lain dari oposisi, seperti dikutip Reuters, Senin (28/10/2013).

Hasil pemilu di sejumlah provinsi lainnya, seperti yang ditayangkan televisi Argentina, juga menujukkan kekalahan kubu Cristina Fernandez. Beberapa politisi mengatakan, mereka menginginkan amandemen konstitusi untuk memungkinkan presiden yang sakit bisa maju dalam pemilihan presiden untuk masa jabatan ketiga kalinya.

Seperti diketahui, Presiden Cristina baru saja menjalani operasi bedah otak, setelah mengalami pendarahan di luar pembuluh darah di bagian kepala.

Sementara itu, berbicara kepada televisi lokal , anak Presiden Cristina Fernandez, Maximo Kirchner, menolak untuk berspekulasi, apakah ibunya akan kembali bekerja setelah menjalani operasi bedah otak. ”Dia baik-baik saja. Dia dalam suasana hati yang baik,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6369 seconds (0.1#10.140)