FBI selidiki seorang diplomat Rusia

Jum'at, 25 Oktober 2013 - 01:31 WIB
FBI selidiki seorang diplomat Rusia
FBI selidiki seorang diplomat Rusia
A A A
Sindonews.com – FBI sedang menyelidiki seorang diplomat Rusia yang menjalankan program pertukaran budaya di Washington, yang dicurigai merekrut anak muda Amerika Serikat (AS) untuk menjadi mata-mata. Demikian dilaporkan Washington Post, Kamis (24/10/2013).

Menurut laporkan Washington Post, Zaytsev memiliki kekebalan diplomatik dan pemerintah AS bisa memutuskan untuk mencabut kekebalan itu, serta memaksa dia untuk kembali ke Rusia.

Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan kemarahan atas laporan dan mengecam tuduhan itu sebagai rekayasa yang tidak ada hubungannya dengan kenyataan.

"Kami percaya bahwa laporan tersebut di atas dan tindakan pemerintah AS yang tidak ramah, bertujuan memperparah situasi di bidang pengembangan kerjasama kemanusiaan internasional," kata sebuah pernyataan Kemenlu Rusia.

"Diperlukan sikap dari pemerintah AS untuk tegas dan terbuka, serta menjauhkan diri dari upaya berbahaya untuk melemparkan bayangan pada program Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia di Washington," lanjut pernyataan itu.

Menurut Washington Post, sekitar 130 warga AS telah mengunjungi Rusia di bawah program pertukaran kebudayaan. Menurut Kementerian Luar Negeri Rusia, program pertukaran mereka melibatkan lebih dari 1.000 orang dari lebih 50 negara, termasuk AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4402 seconds (0.1#10.140)