Seorang menteri Jepang kunjungi Kuil Yasukuni

Jum'at, 18 Oktober 2013 - 14:49 WIB
Seorang menteri Jepang kunjungi Kuil Yasukuni
Seorang menteri Jepang kunjungi Kuil Yasukuni
A A A
Sindonews.com - Menteri Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang, Yoshitaka Shindo, mengunjungi kuil Yasukuni, di Tokyo, Jumat (18/10/2013) pagi waktu setempat. Sebuah langkah yang bisa memicu amarah China dan Korea Selatan (Korsel) yang memandang kuil tersebut sebagai simbol militerisme Jepang di masa lalu.

Shindo bersikeras, bahwa kunjunganya ke kuil Yasukuni tak ubahnya seperti warga sipil yang memberikan penghormatan kepada sekitar 2,5 juta korban perang dan 14 pemimpin perang selama era kolonialisme Jepang saat Perang Dunia II berlangsung.

"Saya berdoa dalam kapasitas pribadi. Saya meratapi orang-orang yang tewas dalam perang dan mendoakan mereka agar damai di sana," ungkap Shindo kepada wartawan di kuil Yasukuni. "Saya sama sekali tidak berpikir bahwa kunjungan saya ke kuil ini akan memicu masalah diplomatik," imbuh Shindo.

Kunjungan ini dilakukan Shindo saat berlangsungnya perayaan festival musim gugur di kuil Yasukuni yang berlangsung sampai akhi pekan depan. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe telah memberikan hadiah kepada kuil Yasukuni, sebagai pertanda dirinya menghindari kunjungan tersebut.

Kunjungan para pejabat Jepang ke kuil Yasukuni sangat ditentang oleh Pemerintah China dan Korsel, keduanya telah berulangkali menuntut pemimpin Jepang berhenti melakukan kunjungan ke Kuil Yasukuni dan mulai mengambil sikap bertanggungjawab atas sejarah. Hua Chunying, Juru bicara Kementerian Luar Negeri China sebelumnya mengutarakan kekecewan pemerintah China. Menurutnya, inti dari permasalah ini adalah bagaimana para pemimpin Jepang melihat sejarah dan menyikapi invasi yang telah dilakukan para pemimpin mereka di masa lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5694 seconds (0.1#10.140)