Korban tewas akibat gempa Filipina jadi 144 orang

Rabu, 16 Oktober 2013 - 18:05 WIB
Korban tewas akibat gempa Filipina jadi 144 orang
Korban tewas akibat gempa Filipina jadi 144 orang
A A A
Sindonews.com - Jumlah korban tewas akibat gempa di Filipina, bertambah menjadi 144 orang pada Rabu (16/10/2013) sore. Beberapa korban tewas tambahan itu, ditemukan petugas penyelamat terkubur reruntuhan bangunan gereja tua dan rumah sakit.

Hampir 3 juta orang terkena dampak oleh gempa bumi berkekuatan 7,2 SR yang mengguncang pulau Bohol, Cebu dan pulau lainnya di Filipina, kemarin. Pagi tadi, pejabat setempat melansir data jumlah korban tewas akibat gempa dahsyat itu mendekati angka 100 jiwa, dengan korban luka sekitar 280 orang.

Khusus di pulau Bohol saja, Badan Nasional Bencana, mencatat jumlah korban tewas mencapai 134 orang. Pulau yang berjarak 640 km dari selatan Manila itu merupakan wilayah yang paling parah akibat gempa.

Badan itu menambahkan, jumlah orang yang terluka juga bertambah, dari 280 orang menjadi 300 orang. Sedangkan jumlah orang yang dinyatakan hilang tercatat sebanyak 23 orang.

Para pejabat masih mengkhawatirkan jumlah korban akan meningkat, terlebih sarana komunikasi di wilayah terdampak gempa masih terputus. ”Kami belum mencapai semua barangay (desa). Banyak akses yang terputus, jalan-jalan juga tertutup batu-batu besar,” kata Walikota Loon, Pulau Bohol, Lyon Lopez, seperti dikutip Reuters.

Badan Nasional Bencana juga mencatat, lebih dari 840 gempa susulan terjadi usai gempa 7,2 SR mengguncang Filipina. ”Ada begitu banyak gempa susulan, kami takut,” kata Elena Manuel, seorang nenek 64 tahun, kepada Reuters. ”Kami tidak punya banyak makanan dan air, karena toko-toko tutup, dan jembatan rusak. Setelah gempa, air dan lumpur keluar dari retakan di tanah kami.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8675 seconds (0.1#10.140)
pixels