'Monster' laut 6 meter muncul di pantai California

Rabu, 16 Oktober 2013 - 14:48 WIB
Monster laut 6 meter muncul di pantai California
'Monster' laut 6 meter muncul di pantai California
A A A
Sindonews.com – Makhluk laut raksasa sepanjang 18 kaki atau enam meter terdampar di pantai selatan California, Amerika Serikat. Warga setempat yang kaget dengan munculnya makhluk mirip ikan raksasa itu menyebut sebagai monster.

Makhluk laut raksasa yang muncul pada Minggu lalu itu, sudah dalam kondisi tak bernyawa. ”Saya awalnya sedikit takut,” kata Santana, pekerja di Catalina Island Marine Institute, yang meneliti makhluk laut raksasa itu. ”Tapi ketika saya menyadari itu adalah oarfish (ikan raksasa), saya tahu itu berbahaya.”

Santana, mengutip laporan CNN, Rabu (14/10/2013), butuh waktu 15 menit untuk berenang dan menyeret bangkai “monster” laut seberat 400 pon itu. Dia butuh 14 orang untuk membantu mengangkat ikan raksasa itu di tepi pantai.

”Saya benar-benar kagum. Rasanya seperti melihat sesuatu dalam mimpi,” ujar Mark Waddington, kapten senior kapal “Tole Mour” yang ikut membantu Santana. ”Ini pertama kalinya saya pernah menyaksikan oarfish yang begitu besar."

Oarfish ditemukan di semua perairan tropis, tetapi jarang terlihat, hidup atau mati,” kata CIMI, sebuah kelompok pendidikan ilmu kelautan non-profit, dalam rilisnya. ”Hal ini diyakini bahwa oarfish menyelam lebih dari 3 ribu meter, yang membuat mereka wajar jika berukuran besar. Dan hanya sedikit penduduk yang tahu tentang perilaku makhluk laut itu.”

Waddington, peneliti yang bergabung dengan CIMI sejak tahun 1994, mengatakan, ia belum bisa memahami, mengapa oarfish itu ditemukan di perairan dangkal di Californi. Dia meyakini, makhluk itu mati secara alami. Untuk penelitian, bangkai oarfish kini diawetkan dengan es. Para ahli kini mempelajari DNA makhluk laut itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6578 seconds (0.1#10.140)