Korsel tunda buka keran bagi investor asing di Kaesong

Selasa, 15 Oktober 2013 - 02:09 WIB
Korsel tunda buka keran bagi investor asing di Kaesong
Korsel tunda buka keran bagi investor asing di Kaesong
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Korea Selatan (Korsel) menyatakan pada Senin (14/10/2013), bahwa mereka telah menunda pembukaan keran bagi investor asing untuk terlibat di zona industri Kaesong, zona industri yang dikelola bersama dengan Korea Utara (Korut).

Semula, Korsel berencana untuk menggelar acara pameran investasi bagi investor asing pada 31 Oktober mendatang di zona industri Kaesong. Namun kemudian, Korsel menunda acara ini dan tak menetapkan tanggal baru.

Seorang pejabat Kementerian Unifikasi Korsel mengatakan, langkah tersebut mencerminkan penurunan dalam hubungan lintas-perbatasan dan lambatnya kemajuan dalam pembicaraan yang ditujukan untuk melanjutkan operasi penuh di Kaesong.

"Keterlambatan itu tak terelakkan, karena kurangnya kemajuan dalam pembicaraan dengan Korut untuk meningkatkan komunikasi, dan perjalanan dari dan ke Kaesong," kata pejabat itu, seperti dikutip dari AFP. Menurutnya, Korut telah diberi tahu soal hal ini pada akhir pekan lalu.

Setelah sempat membuat kemajuan hubungan pada bulan lalu, komunikasi dua Korea memang kembali mengalami kemunduran. Hal ini disebabkan Korut masih melihat sikap “bermusuhan” yang ditampilkan oleh Korsel.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4970 seconds (0.1#10.140)