Topan Phailin sudah tewaskan 23 warga India

Senin, 14 Oktober 2013 - 15:16 WIB
Topan Phailin sudah tewaskan 23 warga India
Topan Phailin sudah tewaskan 23 warga India
A A A
Sindonews.com – Musibah topan Phailin di India yang berlangsung sejak Sabtu pekan lalu, hingga hari ini (14/10/2013) telah menewaskan 23 orang. Topan yang menerjang negara bagian Odisha dan Andhra Pradesh itu telah memicu hujan deras dan ombak besar.

Menurut pejabat pemerintah India, topan Phailin yang kecepatannya mencapai hampir 200 km per jam, sudah mengacaukan listrik dan saluran komunikasi di India. Beberapa bangunan rusak, dan banyak pohon tumbang. Kerugian akibat bencana ini ditaksir mencapai miliran rupee.

Musibah serupa, pernah menimpa negara bagian Odisha, pada tahun 1999. Kala itu jumlah korban tewas jauh lebih banyak, yaknni mencapai sekitar 10 ribu orang.

Untuk mencegah banyaknya korban jiwa akibat terjangan topan Phailin, sekitar setengah juta warga India sudah dievakuasi.”Kami telah mampu meminimalisir jumlah korban tewas,” kata Reddy, dari Otoritas Manajemen Bencana Nasional, seperti dikutip Xinhua.

Dia mengatakan, semua tim penyelamat sudah mulai bekerja, setelah topan berkekuatan super itu mengacaukan dua negara bagian India. Stasiun televisi lokal melaporkan, di negara bagian Odisha mulai krisis air minum, dengan wilayah Distrik Ganjam sebagai wilayah yang paling parah.

Menteri Urusan Bencana Odisha, Naveen Patnaik, mengatakan, misi meminimalisir jumlah korban tewas sudah berhasil.”Banyak fasilitas telah rusak. Rehabilitasi akan segera dilakukan,” ujarnya.

Sementara itu, Badan Prakiraan Cuacam, meramalkan curah hujan dengan intensitas tinggi akan mengguyur wilayah Odisha dan pantai utara Andhra Pradesh dalam 24 jam. Setelah itu, wilayah Bengal Barat dan Jharkhand, juga akan diguyur hujan dengan intensitas yang sama.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5879 seconds (0.1#10.140)