Rangkaian ledakan bom di selatan Thailand tewaskan 7 orang

Rabu, 09 Oktober 2013 - 19:28 WIB
Rangkaian ledakan bom di selatan Thailand tewaskan 7 orang
Rangkaian ledakan bom di selatan Thailand tewaskan 7 orang
A A A
Sindonews.com – Setidaknya 7 orang dilaporkan tewas dan 22 lainnya terluka akibat serangkaian ledakan bom yang menghantam provinsi paling selatan Thailand. Demikian dinyatakan oleh seorang pejabat Thailand, Rabu (9/10/2013).

“Sekitar 31 bom meledak di Provinsi Yala, Pattani, Narathiwat, dan Songkhla. Selain itu, beberapa aksi pembakaran juga dilakukan sejak Selasa malam dan Rabu pagi,” kata Letnan Jenderal Paradorn Pattanathabutra, Sekjen Dewan Keamanan Nasional Thailand, seperti dilaporkan kantor berita dpa.

Menurutnya, beberapa bom ditanam di samping mesin ATM untuk merusak perekonomian lokal. Sementara sejumlah bom lainnya ditanam di pinggir jalan dan menargetkan patroli militer yang melintas. “Akibat aksi ini, lima tentara dan dua warga sipil tewas. Sementara 10 tentara dan 12 warga sipil lainnya terluka,” kata Paradorn.

Belum ada pihak yang mengaku bertanggungjawab atas serangan ini. Namun, pemberontak Muslim yang berjuang untuk kemerdekaan, telah mengaku bertanggung jawab atas serangan bom sebelumnya. Sebuah sumber intelijen Thailand yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, serangan terakhir adalah balas dendam atas pembunuhan tokoh militan oleh pihak berwenang Thailand.

Paradorn mengatakan serangan diperkirakan meningkat pada Oktober ini, ketika beberapa kelompok militan merayakan ulang tahun mereka. Sebelumnya, Pemerintah Thailand telah mengadakan pembicaraan perdamaian dengan salah satu kelompok militan Muslim, Barisan Revolusi Nasional. “Serangan terbaru ini juga bertujuan untuk mendiskreditkan negosiasi tersebut,” jelasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7040 seconds (0.1#10.140)