Presiden Argentina jalani operasi bedah otak

Selasa, 08 Oktober 2013 - 10:03 WIB
Presiden Argentina jalani operasi bedah otak
Presiden Argentina jalani operasi bedah otak
A A A
Sindonews.com - Presiden Argentina, Cristina Fernandez dijadwalkan menjalani operasi di Rumah Sakit Favaloro Buenos Aires pada Selasa (8/10/2013). Dia akan menjalani operasi bedah otak, setelah dokter menemukan hematoma otak.

Hematoma adalah sejenis gumpalan darah yang berada di luar pembuluh darah. Kepastian operasi Presiden Argentina itu, disampaikan pihak rumah sakit kemarin.

Juru bicara Presiden Fernandez, Alfredo Scoccimarro mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa hematoma tersebut terkait dengan insiden pada bulan Agustus 2013. Di mana saat itu presiden menderita cedera kepala.

Presiden Fernadez dirawat di Rumah Sakit Favaloro sejak pukul 01.30 waktu setempat atau pukul 16.30 waktu GMT. Sebelum dijadwalkan menjalani operasi, dia akan menjalani pra-operasi, yakni pemeriksaan kardiovaskular.

Dokter kepresidenan telah merekomendasikan agar Presiden Fernandez istirahat satu bulan. Tapi, dokter kemudian memutuskan untuk melakukan operasi guna mengobati penyakit komplikasi akibat hematoma. Salah satu gejalanya, adalah sedikit “kelumpuhan” di lengan kirinya.

“Presiden Fernandez mengalami kesemutan di lengan kiri pada Minggu,” bunyi pernyataan rumah sakit, seperti dikutip Xinhua. Setelah tes neurologis, tim medis memutuskan bahwa Fernandez perlu menjalani operasi untuk mengalirkan hematoma.

Sejak Senin sore , Wakil Presiden Argentina, Amado Boudou, bertugas menjalankan tugas-tugas Presiden Fernandez, sampai kondisinya pulih. ”Dia ( Fernandez ) ingin pemerintah melanjutkan (tugasnya) . Seluruh timnya akan terus bertugas,” kata Boudou. “Cristina Fernandez akan istirahat, dan dia meminta saya untuk melanjutkan tugas administrasi,” kata Boudou lagi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7060 seconds (0.1#10.140)