Media Rusia pajang foto 'Snowden' shopping

Senin, 07 Oktober 2013 - 17:50 WIB
Media Rusia pajang foto...
Media Rusia pajang foto 'Snowden' shopping
A A A
Sindonews.com - Sebuah situs berita Rusia, untuk pertama kalinya menerbitkan foto pria yang diduga buronan pemerintah Amerika Serikat (AS), Edward Snowden, 30, sedang shopping atau belanja.

Jika pria dalam foto itu benar-benar Snowden, maka itu merupakan penampilan pertamanya di depan publik setelah mendapat suaka setahun dari Pemerintah Rusia.

Dalam foto yang diterbitkan media Rusia itu, pria yang diduga mantan kontraktor NSA yang membocorkan penyadapan global oleh pemerintah AS itu, tampak mengenakan pakaian olahraga, berjanggut, dan berkacamata hitam. Dia tampak mendorong troli supermarket di seberang jalan.

Pengacara Snowden, asal Rusia, Anatoly Kucherena mengatakan, dia tinggal di sebuah lokasi yang tidak bisa disampaikan ke publik, karena takut dilacak aparat penegak hukum AS. Situs Life News itu tidak menjelaskan kapan foto-foto Snowden itu dibidik.

Kucherena, pada bulan lalu mengatakan kepada majalah mingguan Itogi, bahwa pemuda AS telah berhasil jalan-jalan di Rusia, dengan cara menyamar.

”Dia akan berjalan melewati Anda dan Anda tidak akan mengenalinya,” katanya kepada Itogi . ”Ini akan menjadi pertanyaan bagi Anda tentang penampilannya. Dia benar-benar berjalan dengan bebas.”

Mengutip laporan AFP, Senin (7/10/2013), laporan Life News itu tidak mengulas bagaimana Snowden bisa leluasa shopping, setelah dia mengalami kesulitan finansial sejak diburu pemerintah AS.

”Seperti yang Anda lihat mantan karyawan NSA telah mengambil troli penuh makanan sesuai dengan tradisi hidup di Amerika. Itu jelas membutuhkan biaya lebih dari 1.000 rubel,” tulis media Rusia itu.

Tak satu pun dari wartawan yang mengetahui keberadaan Snowden di Rusia, sejak di meninggalkan bandara di Moskow. Tidak jelas pula, bagaiamana media Rusia itu berhasil mendapatkan foto-foto pria yang diduga kuat sebagai Snowden.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2431 seconds (0.1#10.140)