PM Israel: Pidato Rouhani sinis, penuh kemunafikan

Rabu, 25 September 2013 - 09:47 WIB
PM Israel: Pidato Rouhani sinis, penuh kemunafikan
PM Israel: Pidato Rouhani sinis, penuh kemunafikan
A A A
Sindonews.com - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, memboikot pidato Presiden Iran Hassan Rouhani di Majelis Umum PBB di New York. Nentanyahu, mengecam pidato Rouhani yang ia sebut sebagai pidato sinis yang penuh kemunafikan.

Pidato Rouhani di depan Majelis Umum PBB, merupakan yang pertama kali sejak ia meraih kekuasaan pada Juni 2013 melalui pemilu yang demokratis. Presiden yang dikenal moderat ini, berjanji untuk meredakan ketegangan antara Teheran dengan Barat dengan kesediaannya membuka jalur diplomasi terbuka terkait program nuklir Teheran.

Nentanyahu yang sejak awal menganggap “kampanye senyum” Rouhani untuk menguatkan karakter moderat yang disandangnya, sebagai tipu muslihat guna menutupi program nuklir Teheran. Israel yakin, Iran diam-diam tengah mengembangkan senjata nuklir.

”Seperti yang diharapkan, ini adalah pidato sinis yang penuh kemunafikan,” ucap Nentanyahu, dalam pernyataan yang dirilis di Yerusalem Rabu (25/9/2013) pagi, seperti dikutip Reuters.

Tudingan Nentanyahu itu merujuk pada pidato Rouhani yang membahas perihal hak asasi manusia di Suriah. ”Rouhani berbicara tentang hak asasi manusia, bahkan saat pasukan Iran berpartisipasi dalam pembantaian besar-besaran warga sipil tak berdosa di Suriah,” kata Nentanyahu.

Netanyahu juga meragukan sikap Rouhani yang mengutuk terorisme. ”Bahkan rezim Iran menggunakan terorisme di puluhan negara, di seluruh dunia,” ujarnya. Lebih lanjut PM Israel itu tetap mencurigai niat Rouhani yang membuka diplomasi perihal program nuklir Iran.

”Ini adalah strategi Iran. Untuk berbicara dan bermain dalam kerangka waktu, untuk memajukan kemampuannya dalam membuat senjata nuklir. Rouhani tahu ini dengan baik” imbuh Nentanyahu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6322 seconds (0.1#10.140)