Dua pekan terakhir, 500 pencari suaka tiba di Australia

Senin, 23 September 2013 - 22:26 WIB
Dua pekan terakhir,...
Dua pekan terakhir, 500 pencari suaka tiba di Australia
A A A
Sindonews.com – Lebih dari 500 pencari suaka tiba di Australia dalam dua pekan terakhir. Demikian diungkapkan Menteri Imigrasi Australia, Scott Morrison, selama media briefing mingguan, Senin (23/9/2013).

Menurut Morrison, setengah dari para pencari suaka itu telah meninggalkan pantai Australia untuk menuju tempat penampungan di Pualu Manus atau Nauru, di Papua Nugini. Dia menegaskan, bahwa pemerintah PM Tony Abbott tidak akan membiarkan media tahu, apakah perahu pencari suaka telah berubah haluan kembali ke Indonesia atau tidak.

Morrison mengatakan, Pemerintah Australia akan transparan tentang kedatangan kapal dan jumlah orang yang dipindahkan ke negara-negara pemrosesan regional. Namun, masalah "taktis" tidak akan dibahas ke media.

“Pemerintah berkomitmen untuk proses pengarahan terbuka, tapi ada keterbatasan pada apa yang bisa dibahas untuk perlindungan dan keselamatan orang-orang yang melakukan pelayanan kami dan untuk bangsa kita," kata Morrison, seperti dikutip dari Xinhua.

Menurut Morrison, pemerintah akan mengirim semua pencari suaka ke Nauru atau Pulau Manus dalam 48 jam. "Jika orang mampu melakukan perjalanan dengan perahu, mereka akan dianggap mampu untuk terbang," katanya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0849 seconds (0.1#10.140)