Malala & Snowden nominator peraih award HAM

Selasa, 17 September 2013 - 11:35 WIB
Malala & Snowden nominator peraih award HAM
Malala & Snowden nominator peraih award HAM
A A A
Sindonews.com - Anggota parlemen Eropa telah menominasikan beberapa kandidat untuk menerima award pejuang hak asasi manusia (HAM) Uni Eropa (UE). Gadis Pakistan yang pernah ditembak kepalanya oleh Taliban, Malala Yousafzai dan pembocor penyadapan NSA, Edward Snowden, masuk nominasi sebagai penerima award.

Mereka adalah dua dari tujuh finalis calon peraih award dengan nominal hadiah USD65 ribu. ”Penerima award itu, akan dipilih bulan depan,” tulis Fox News, dalam laporannya.

Malala, 16, selamat dari upaya pembunuhan oleh kelompok Taliban tahun lalu, dalam perjalanan pulang dari sekolah. Gadis yang berkomitmen untuk terus berkampanye pendidikan untuk anak perempuan di negaranya itu, belum lama ini meraih nobel.

Sedangkan Snowden, 30, mantan kontraktor NSA (Badan Keamanan Nasional), Amerika Serikat menuai simpati warga internasional setelah membocorkan penyadapan catatan telepon dan internet secara global dan ilegal yang dilakukan NSA. Pemuda AS itu kini tinggal di Rusia setelah mendapat suaka satu tahun dari Pemerintah Vladimir Putin, meski terus diburu aparat AS.

Award itu menjadi penghargaann bergengsi di Eropa. Pemenang award sebelumnya adalah tokoh yang juga pernah meraih Nobel Perdamaian, Aung San Suu Kyi dan Nelson Mandela.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6416 seconds (0.1#10.140)