Banjir lumpuhkan Colorado, 500 orang hilang

Senin, 16 September 2013 - 15:49 WIB
Banjir lumpuhkan Colorado, 500 orang hilang
Banjir lumpuhkan Colorado, 500 orang hilang
A A A
Sindonews.com – Banjir besar yang berlangsung sejak pekan lalu masih melumpuhkan wilayah Colorado, Amerika Serikat (AS). Lebih dari 17 ribu perumahan telah rusak, dan sekitar 1.500 di antaranya hancur.

Petugas meyebut, 500 orang yang dinyatakan hilang masih dalam pencarian. Petugas mencemaskan jumlah korban tewas sampai Senin (16/9/2013) menjadi enam orang. Mereka juga mulai frustasi karena kondisi medan dan cuaca menyulitkan pencarian terhadap 500 orang yang dinyatakan hilang itu.

”Alam tidak bekerja sama,” kata petugas Urusan Darurat Colorado, Komandan Shane Del Grosso, seperti dikutip CNN. Menurutnya, awan tebal dan hujan juga menyulitkan pencarian ratusan warga dengan helikopter.

”Alam tidak bekerja sama dengan kami hari ini, dan saat ini kami tidak bisa terbang. Tapi besok jika kita mendapatkan kesempatan, kita memiliki tenaga kuda untuk bekerja keras,” ujar Del Grosso.

Menurutnya, sampai saat ini, ada sekitar 1.000 orang sedang menunggu untuk dievakuasi. ”Kita membutuhkan perubahan pola cuaca, untuk benar-benar bertindak di luar sana,” ujar Del Grosso

Menurut Kantor Manajemen Darurat Colorado, banjir besar telah menghancurkan 1.502 struktur perumahan, dari total perumahan yang rusak sebanyak 17.494 unit. Banjir besar juga merusak jalan-jalan penting di Colorado.

Senator AS, Mark Udall, berjanji untuk berbicara di Kongres, terkait penyaluran bantuan untuk pemulihan kondisi setelah banjir. Sedangakn Presiden Barack Obama, telah menandatangani penetapan status bencana besar untuk Colorado, kemarin.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4899 seconds (0.1#10.140)