Assad: Suriah akan serahkan senjata kimia

Kamis, 12 September 2013 - 21:12 WIB
Assad: Suriah akan serahkan...
Assad: Suriah akan serahkan senjata kimia
A A A
Sindonews.com - Presiden Suriah Bashar al-Assad mengatakan, bahwa Suriah akan memindahkan senjata kimia di bawah kontrol internasional. Tapi, dirinya menegaskan, bahwa langkah itu dilakukan bukan karena takut akan ancaman militer Amerika Serikat (AS), melainkan atas permintaan Rusia.

Pengakuan itu diungkapkan Assad saat diwawancarai koresponden Rossiya 24, televisi Rusia di Ibu Kota Damaskus, Kamis (12/9/2013).

"Suriah menyerahkan senjata kimia di bawah kontrol internasional karena Rusia," ungkap Assad. "Ancaman militer AS sebenarnya tidak mempengaruhi keputusan Suriah untuk menyerahkan senjata kimia," imbuhnya.

Dalam wawancara terbarunya itu, Assad melanjutkan, bahwa negaranya berencana untuk mengajukan dokumen yang relevan kepada PBB untuk menandatangani perjanjian di senjata kimia.

Seperti diketahui, Kommersant, harian Rusia mengutip, sebuah sumber diplomatik Rusia mengatakan, proposal yang bertujuan untuk mencegah AS merealisasikan aksi militer terhadap Suriah itu berisi empat tahapan yang harus dilakukan oleh Suriah untuk menyerahkan senjata kimianya.

Sumber diplomatik Rusia mengatakan kepada Kommersant, bahwa langkah pertama yang harus dilakukan Damaskus adalah bergabung dengan Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW).

Setelah itu, Pemerintah Suriah harus mengungkapkan lokasi penyimpanan dan pembuatan senjata kimia. Kemudian, OPCW melanjutkan ketahap berikutnya, yakni mendatangi lokasi yang disebutkan oleh Pemerintah Suriah untuk menguji senjata kimia tersebut.

Terakhir, Suriah harus bekerjasama dengan inspektur yang melakukan penyelidikan, bagaimana cara untuk memusnahkan senjata kimia tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9431 seconds (0.1#10.140)