AS kirim senjata mematikan kepada pemberontak Suriah

Rabu, 11 September 2013 - 09:43 WIB
AS kirim senjata mematikan kepada pemberontak Suriah
AS kirim senjata mematikan kepada pemberontak Suriah
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah mulai mendistribusikan beberapa senjata mematikan dan non-mematikan kepada pemberontak Suriah. Demikian disampaikan juru bicara Koalisi Suriah penentang Presiden Bashar al-Assad, kemarin, seperti dikutip Reuters, Rabu (11/9/2013).

Pengiriman senjata oleh AS itu dilakukan setelah tertunda berbulan-bulan. Para pejabat Gedung Putih menyarankan kepada Presiden Barack Obama, bahwa pengiriman senjata untuk pemberontak anti-Assad sejak Juni 2013 lalu.

”AS mendistribusikan bantuan (senjata) non-mematikan dan beberapa bantuan mematikan bantuan juga, untuk SMC (Dewan Agung Militer),” kata Khalid Saleh dalam konferensi pers. Senjata kiriman AS itu, katanya, digunakan untuk operasi militer pemberontak yang setia kepada Jenderal Salim Idriss.

Menurutnya, AS telah menguji SMC. ”Untuk memastikan senjata yang mereka kirim tidak jatuh ke tangan orang yang salah,” kata Saleh.

Saleh melanjutkan, AS sempat khawatir, senjata-senjata yang mereka kirim akan menguntungkan kelompok-kelompok Islam radikal, seperti al-Nusra yang selama ini aktif berperang di Suriah utara.

Seorang sumber di Pemerintah AS, mengatakan, tidak mungkin, bahwa senjata yang dipasok AS tidak jatuh ke tangan orang yang salah. Mesikipun, kekhawatiran itu sudah diabaikan.

Terpisah, Menteri Luar Negeri AS, John Kerry mengatakan, bahwa Washington sedang berusaha untuk meng-upgrade dukungan untuk oposisi Suriah. ”Tapi saya dapat memberitahu Anda bahwa banyak orang mengeluh tidak mendapatkan bantuan yang sampai ke mereka,” ujarnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5211 seconds (0.1#10.140)