Assad kirim ucapan selamat pada Jong-un

Sabtu, 07 September 2013 - 03:17 WIB
Assad kirim ucapan selamat...
Assad kirim ucapan selamat pada Jong-un
A A A
Sindonews.com – Presiden Suriah Bashar al-Assad telah mengirimkan pesan ucapan selamat kepada pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un. Ucapan selamat ini dilayangkan ketika Korut memperingati 65 tahun berdirinya negara komunis itu.

Seperti dilaporkan Korea Central News Agency (KCNA), Jumat (6/9/2013), Jong-un telah menerima pesan dari Assad pada Kamis (5/9/2013). “Dalam pesan itu, Presiden Suriah menyatakan ucapan selamat yang tulus untuk Jong-un dan "orang-orang yang ramah", setelah 65 tahun berdirinya Republik Demokrasi Rakyat Korea, nama resmi Korea Utara,” sebut laporan KCNA.

Laporan itu mengatakan, Assad juga menegaskan kembali upaya Suriah untuk memperkuat hubungan antara Suriah dan Korut yang "ramah dan kooperatif". Ucapan selamat ini dilayangkan Assad, satu hari setelah keluarnya pernyataan dari Korea Selatan, bahwa ada perdagangan senjata kimia antara Suriah dan Korut.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel) pada Kamis (5/9/2013), menyerukan kekhawatiran baru soal senjata kimia Korea Utara (Korut). Seruan ini menunjukkan, bahwa senjata tersebut mungkin telah diperdagangkan antara Korut dan Suriah.

"Kami percaya telah terjadi koneksi senjata kimia antara Korut dan Suriah," kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan korsel, Kim Min-seok pada wartawan, seperti dikutip dari AFP. Peringatan itu datang di tengah kecaman internasional atas dugaan penggunaan senjata kimia oleh rezim Suriah terhadap rakyatnya sendiri.

Di masa lalu, kecurigaan atas adanya perdagangan senjata kimia antara Pyongyang dan Damaskus telah dilontarkan Korsel. “Kekhawatiran telah tumbuh, sejak Korsel berhasil mencegat pengiriman dari Korut dengan menggunakan kapal di pelabuhan selatan Busan pada 2009,” lanjut Min-seok.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9715 seconds (0.1#10.140)