Paus Francis: Jauhkan solusi militer dari Suriah

Jum'at, 06 September 2013 - 19:02 WIB
Paus Francis: Jauhkan...
Paus Francis: Jauhkan solusi militer dari Suriah
A A A
Sindonews.com - Paus Francis mendesak pemimpin G20, untuk menjauhkan solusi militer untuk mengatasi krisis Suriah. Desakan itu, disampaikan Paus juga untuk menjamin hak semua warga Suriah, termasuk kelompok minoritas Kristen di Suriah.

Desakan Paus Francis dia sampaikan melalui surat kepada tuan rumah KTT G20, Presiden Rusia Vladimir Putin, kemarin (5/9/2013). Dia menyesalkan, adanya kepentingan sepihak di Suriah yang berkelanjutan dengan pembantaian orang yang tidak bersalah.

”Untuk para pemimpin ini, untuk setiap orang, saya membuat pesan tulus bagi mereka untuk membantu menemukan cara guna mengatasi konflik (Suriah), dengan menjauhkan solusi militer yang sia-sia,” bunyi isi surat Paus Francis, untuk para pemimpin negara G20 yang berkumpul di di St Petersburg, seperti dikutip Hufington Post.

Paus Francis meminta semua pihak untuk berhati-hati dengan tidak menyalahkan salah satu pihak yang berkonflik di Suriah. Dia justru menyerukan semua pemimpin negara G20 untuk memberikan perhatian dan mengakhiri penderitaan warga sipil di negara itu.

Kemarin, para Duta Besar Vatikan dipanggil untuk menguraikan solusi mereka untuk Suriah. Menteri Luar Negeri Vatikan, Uskup Agung Dominique Mamberti, mencatat bahwa serangan pada 21 Agustus 2013, menimbulkan kengerian di seluruh dunia.

”Dihadapkan dengan aksi serupa yang tidak bisa tinggal diam, dan Takhta Suci berharap lembaga yang berwenang membuat jelas apa yang terjadi di sana, dan menujuk siapa yang bertanggung jawab,” kata Mamberti di hadapan 71 duta besar yang berkumpul.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)