UNHCR: Dua juta warga Suriah mengungsi

Selasa, 03 September 2013 - 11:33 WIB
UNHCR: Dua juta warga Suriah mengungsi
UNHCR: Dua juta warga Suriah mengungsi
A A A
Sindonews.com – Badan PBB yang menangani masalah pengungsi (UNHCR), mengatakan, lebih dari dua juta warga Suriah mengungsi. Jumlah itu naik setengah juta jiwa dalam tiga bulan terakhir.

Badan itu menyebut, lebih dari 700 ribu jiwa warga Suriah melarikan diri ke Libanon. ”Wanita Suriah anak-anak dan orang-orang yang melintasi perbatasan, kerap dengan membawa sedikit pakaian di punggung mereka,” bunyi pernyataan UNHCR, seperti dikutip Reuters, Selasa (3/9/2013).

Menurut UNHCR, setengah dari jumlah pengungsi dewasa terpaksa meninggalkan anak-anak mereka. Sedangkan tiga perempat dari total pengungsi rata-rata anak-anak di bawah usia 11 tahun.

Dari data badan itu, hanya 118 ribu anak pengungsi Suriah yang mampu melanjutkan pendidikan. Sedangkan seperlima anak dari jumlah total pengungsi hanya menerima bimbingan konseling.

”(UNHCR) mengingatkan potensi generasi yang hilang dari pengungsi anak, karena sakit,” kata badan PBB tersebut yang siap membantu membangun kembali Suriah untuk masa depan.

Selain Libanon, Yordania dan Turki menjadi sasaran warga Suriah untuk mengungsi. Jumlah pengungsi meningkat tajam, setelah ancaman agresi militer AS dan sekutunya nyaring terdengar.

”Lembaga bantuan internasional juga berjuang untuk mengatasi krisis Suriah, dan hanya memiliki 47 persen dari dana yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi para pengungsi,” lanjut pernyataan UNHCR.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5044 seconds (0.1#10.140)