Konsul Jenderal Turki lolos dari serangan bom di Irak

Senin, 02 September 2013 - 17:12 WIB
Konsul Jenderal Turki lolos dari serangan bom di Irak
Konsul Jenderal Turki lolos dari serangan bom di Irak
A A A
Sindonews.com – Seorang Konsul Jenderal Turki yang bertugas di Irak, lolos dari serangan bom pada Senin (2/9/2013). Serangan bom di pinggir jalan itu menyasar konvoi rombongan Konsul Jenderal Turki yang melintas.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki, dalam pernyataannya, menegaskan, tidak ada korban jiwa dalam serangan bom tersebut. Menurutnya, konvoi kendaraan pihak konsulat Turki itu tengah dalam perjalanan dari Mosul ke Arbil.

”Menteri Luar Negeri telah berbicara kepada Konsul Jenderal, yang kondisi kesehatannya baik,” kata juru bicara itu, seperti dikutip Reuters. ”Kami masih menyelidiki siapa yang melakukan serangan itu dan apakah Konsul Jenderal telah menjadi target."

Hubungan antara Ankara dan pemerintah pusat Kota Baghdad telah tegang dalam beberapa tahun terakhir. Terutama, karena Turki menjalin hubungan dengan Pemerintah Kurdi Irak, yang mendapat otonomi khusus di Irak. Ketegangan juga dipicu perbedaan sikap terkait krisis di Suriah.

Pihak Baghdad menyatakan, mereka memiliki kewenangan untuk mengendalikan ekspor cadangan minyak terbesar keempat di dunia. Sedangkan pihak Kurdi, mengatakan, mereka mempunyai hak di wilayah Irak, termasuk dalam hal konstitusi yang disusun setelah invasi AS ke negara itu tahun 2003.

Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki dan Perdana Menteri Turki, Tayyip Erdogan, masing-masing melancarkan manuver komentar yang memperuncing ketegangan sektarian. Kendati demikian, Irak tetap menjadi salah satu mitra dagang terbesar Turki.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5923 seconds (0.1#10.140)