Serangan AS ke Suriah untungkan al-Qaeda

Senin, 02 September 2013 - 11:37 WIB
Serangan AS ke Suriah untungkan al-Qaeda
Serangan AS ke Suriah untungkan al-Qaeda
A A A
Sindonews.com – Rencana agresi militer terhadap Suriah yang direncanakan AS, jika benar-benar dijalankan agar menguntungkan para kelompok teroris, termasuk al-Qaeda. Demikian, disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri Suriah, Faisal Mekdad.

”Setiap tindakan militer AS terhadap Suriah akan menjadi dukungan bagi al- Qaeda dan afiliasinya,” ujar Mekdad, seperti dikutip BBC, Senin (2/9/2013). Ia mencontohkan, afiliasi al-Qaeda itu, seperti kelompok al-Nusra, serta Kelompok Negara Islam Suriah dan Irak.

Menurutnya, yang menggunakan senjata kimia di Suriah, sejatinya adalah kelompok bersenjata yang didukung AS, bukan tentara Suriah.

Menlu AS, John Kerry, sebelumnya mengatakan, AS memiliki bukti bahwa Damaskus telah menggunakan senjata kimi jenis gas sarin dalam serangan mematikan pekan lalu. Sedangkan Presiden Barack Obama telah berjanji akan mengambil tindakan terhadap Suriah, namun tetap menunggu hasil keputusan Kongres AS lebih dulu.

Mekdad, yang dikenal sangat berpengaruh dalam pemerintahan Presiden Bashar al-Assad, juga memperingatkan bahwa kemungkinan intervensi AS akan memperdalam kebencian masyarakat internasional kepada Amerika. ”Dan menggoyahkan seluruh Timur Tengah,” katanya.

Kendati demikian, dia mencurigai ambisi serangan ke Suriah berasal dari Obama, meski mengklaim dia bergantung kepada keputusan Kongres AS. “Ini tidak mengubah apa pun , karena ia (Obama) bertekad untuk melancarkan serangan,” lanjut dia, yang menilai rencana serangan tersebut juga terkait adanya kepentingan Israel.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5264 seconds (0.1#10.140)