Angkut bukti, tim PBB tinggalkan Suriah

Sabtu, 31 Agustus 2013 - 10:57 WIB
Angkut bukti, tim PBB...
Angkut bukti, tim PBB tinggalkan Suriah
A A A
Sindonews.com – Tim inspeksi senjata PBB yang bertugas di Suriah bersiap-siap untuk meninggalkan negara itu, Sabtu (31/8/2013). Tim itu telah mengumpulkan bukti-bukti terkait dugaan serangan senjata kimia di dekat Damaskus, Suriah.

Namun, tim itu masih membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk menganalisis bukti-bukti yang mereka bawa.

”Tim ahli dari PBB telah selesai mengumpulkan bukti dugaan serangan senjata kimia yang menewaskan ratusan orang di pinggiran kota dekat Damaskus pekan lalu,” kata tim PBB melalui juru bicaranya, Martin Nesirky, seperti dikutip Reuters.

Nesirky, mengatakan, meski para inspektur akan meninggalkan Suriah pada Sabtu, tetapi mereka akan kembali lagi nanti untuk menyelidiki beberapa serangan gas beracun lainnya, yang diduga yang terjadi di Suriah selama perang saudara 2,5 tahun ini.

”Sampel yang telah dikumpulkan akan diambil untuk dianalisis di laboratorium yang ditunjuk, dan maksudnya tentu saja adalah untuk mempercepat analisis dari sampel yang telah diambil,” ujar Nesirky .

Dia tidak memberikan waktu kapan analisis itu rampung. Hanya saja, semua sampel yang diambil dipastikan dianalisis. ”Ini bukan proses Pemilu , di mana Anda memiliki polling dan hasil awal,” imbuh Nesirky.

”Ini adalah proses ilmiah. Satu-satunya hasil yang penting adalah hasil analisis di laboratorium dan analisis bukti yang telah dikumpulkan melalui pernyataan saksi dan sebagainya.”

Dia berbicara kepada wartawan saat Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki -moon bertemu dengan delegasi dari lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Yakni, Inggris, China, Prancis, Rusia dan AS untuk memperbarui sikap mereka pada penyelidikan PBB di Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0893 seconds (0.1#10.140)