Gunung Alaska meletus bersamaan dengan gempa 7 SR

Sabtu, 31 Agustus 2013 - 09:25 WIB
Gunung Alaska meletus bersamaan dengan gempa 7 SR
Gunung Alaska meletus bersamaan dengan gempa 7 SR
A A A
Sindonews.com - Gunung berapi di Alaska meletus kemarin (30/8/2013), bersamaan dengan gempa berkekuatan 7,0 SR yang mengguncang perairan lepas di pulau Adak, daerah terpencil di Alaska. Namun, pihak berwenang menegaskan, letusan gunung berapi itu tidak terkait dengan gempa bumi.

Gunung berapi itu bergejolak sejak Juni 2013 lalu. Kemarin, gunung itu menyemburkan abu ke langit setinggi 4,8 kilometer. Letusan terbaru gunung berapi alaska muncul di ketinggian 2.507 meter, di Semenanjung Alaska, sekitar 500 kilometer dari barat daya Anchorage.

Ilmuwan yang jadi pengamat gunung berapi Alaska, John Power mengatakan, letusan gunung berapi itu tidak tidak terkait dengan gempa bumi 7 SR. ”Tidak ada hubungan langsung antara gunung berapi dan gempa bumi,” katanya, seperti dikutip Reuters, Sabtu (31/8/2013).

Gempa besar dan letusan gunung berapi, katanya, cukup umum terjadi di barat daya Alaska dan Kepulauan Aleutian yang terletak di salah satu bagian yang paling rawan di Amerika Serikat.

Tapi, hingga saat ini, semburan abu mulai mengecil. Sejak Juni 2013, gas panas gas bumi dan lava telah melelehkan salju dan es di gunung berapi tersebut.

Awal tahun ini, letusan gunung berapi lain juga terjadi di wilayah yang sama. Letusan gunung berapi itu, sempat mengacaukan penerbangan udara regional. Tapi, para ilmuwan meyakini, fase letusan gunung berapi akan berakhir Agustus 2013 ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4724 seconds (0.1#10.140)